SDLC
System Development Life Cycle
(SDLC) atau yang dikenal dengan Sistem Daur Hidup merupakan suatu bentuk
yang digunakan untuk menggambarkan tahapan utama dan langkah-langkah di
dalam tahapan tersebut dalam proses pengembangan sistemnya.
Metode daur hidup terdiri dari
dua tahap yaitu untuk front end (bagian konsep) terdapat tahapan proses
perencanaan, analisis, rancangan sistem general, evaluasi dan seleksi
sedangkan di tahap back end (bagian fuingsional) terdapat tahapan proses
rancangan sistem terinci, implementasi dan pemeliharaan. Di setiap
tahapan proses daur hidup dilakukan proses pendokumentasian untuk
laporan atas segala yang telah dilakukan atau disepakati dalam setiap
tahap tersebut. Tahapan-tahapan seperti ini sebenarnya merupakan tahapan
di dalam pengembangan system teknik (engineering systems). Contoh dari
pengembangan engineering systems ini salah satunya adalah pengembangan
konstruksi atau bangunan dari suatu gedung.
SDLC berfungsi untuk
menggambarkan tahapan-tahapan utama dan langkah-langkah dari setiap
tahapan yang secara garis besar terbagi dalam tiga kegiatan utama, yaitu
:
a. Analysis
b. Design
c. Implementation
Setiap kegiatan dalam SDLC dapat dijelaskan melalui tujuan (purpose) dan hasil kegiatannya.
Dalam tugas softskill untuk mata
kuliah implementasi sistem informasi kali ini saya coba mengulas
tentang sistem pengolahan data penjualan yang ada di salah satu toko
pencuci cetak photo yang ada di bekasi.
Tahap Analysis
Dalam
tahap ini saya menganalisis sistem pengolahan data penjualan pada toko
ini, Apakah sudah sesuai prosedur, apakah sudah melayani kebutuhan
sebuah toko , atau apakah ada system yang rusak atau error pada sistem
pengolahan data penjualannya. Namun ketika melihat pada kenyataan, eror
yang terjadi di karenakan kelalaian pegawai ditoko itu sendiri ketika
menginput data . maka dari itu di butuhkan software yang lebih mudah
penggunaannya namun mencakup semua hal yang di butuhkan untuk mengolah
data penjualan pada toko tersebut
Tahap Design
Dalam
tahap perancangan (desgin) memiliki tujuan, yaitu untuk mendesain
sistem penggajian yang baru yang tidak terdapat pada sistem yang lama.
Memberikan bentuk laporan sistem dan dokumennya baik input maupun
output.
Tahap Implementation
Dalam tahap implementasi memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk :
a. Melakukan kegiatan spesifikasi rancangan logikal ke dalam kegiatan yang
sebenarnya dari sistem informasi yang akan dibangunnya atau dikembangkannya.
b. Mengimplementasikan sistem yang baru.
Menggunakan programming
fina(finance accounting) untuk mempermudah pengolahan data penjualan dan
membuat laporan yang akan di kirim kepada kantor pusat setiap harinya
dan hal ini berhibungan langsung dengan sistem penggajian karyawan pada
tiap minngunya. Kemudian menggunakan spesifikasi computer yang mendukung
untuk sistem Pengolahan data penjualan , Untuk spesifikasinya sendiri
sistem pengolahan data penjualan tersebut menggunakan Pentium 4 dengan
ram 1Gb dan hardisk 80GB. untuk menjaga kerahasiaan data dan admin
tersebut sudah dibekali dengan skill untuk menjadi admin system
tersebut. Untuk database berisi semua data tentang penjualan yang ada di
toko tersebut .
0 comments:
Post a Comment